Pemakaian Perlengkapan - AJP

Masih seputar pembahasan jurnal penyesuaian, kali ini saya akan memberikan contoh jurnal penyesuaian untuk pemakaian perlengkapan/supplies. Silahkan lihat dibawah ini:


Perlengkapan adalah barang/benda yang dipergunakan oleh perusahaan yang masa pakainya satu tahun atau harga nya yang murah. Perlengkapan bisa dicatat dalam 2 tipe, yaitu:
  • Perlengkapan dicatat sebagai harta, yaitu perlengkapan di awal pembelian nya dianggap sebagai harta perusahaan, dan diakhir periode jika perlengkapan tersebut masih tersisa, maka akan disesuaikan. Serta perlengkapan yang telah habis akan dianggap sebagai beban yang mengurangi harta perlengkapan di awal pembelian.
  • Perlengkapan dicatat sebagai beban, yaitu perlengkapan di awal pembelian nya langsung dianggap sebagai beban, jadi perlengkapan tersebut sudah dianggap habis oleh perusahaan. Tetapi jika diakhir periode perlengkapan tersebut masih tersisa, maka sisa perlengkapan tersebut akan dimasukan sebagai harta akhir periode.

Karakteristik Perlengkapan
  • Sekali pakai langsung habis (tidak dapat dipakai lagi diwaktu berikutnya).
  • Atau kalau bisa dipakai berulang kali, masa pakai tidak lebih dari 1 tahun.
  • Harga relatif murah jika dibandingkankan dengan harga peralatan.
  • Contohnya: kertas, tinta, paper clip, pulpen, dll.

Contoh:
Transaksi Perlengkapan Yang Dicatat Sebagai Harta dan Beban

Soal:
Dalam tahun berjalan dari 01 Januari 2016 - 31 Desember 2016 Jumlah perlengkapan kantor yang dibeli sebesar Rp. 20.000.000. Pada akhir tahun 2016 (31 Desember 2016) sisa perlengkapan kantor hanya tersisa sebesar Rp. 1.000.000. Buatlah jurnal penyesuaian per 31 Desember 2016.

Perlengkapan Dicatat Sebagai Harta


Perlengkapan Dicatat Sebagai Beban


Sekian untuk pembahasan kali ini, jika ada kesalahan kata bisa diberi tau dengan memberikan komentar. Terima kasih yang sudah berkunjung ^_^

Referensi/Tempat Belajar :

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pemakaian Perlengkapan - AJP"

Post a Comment