Kilas Balik 2018 Yang Penuh Dengan Tantangan


Sudah hampir 4 bulan berlalu untuk tahun 2018 kemaren, banyak hal yang dilewati tapi tetap masih teringat dan terbayang dalam otak. Pada awal bulan Januari 2018 diawali dengan saya yang bekerja sebagai honorer di sebuah Kecamatan di Pemerintah Kota Banjarmasin, itu adalah tempat kerja ketiga saya sejak lulus dari kuliah D3 Akuntansi di Politeknik Negeri Banjarmasin pada bulan Agustus 2016.

Banyak hal yang baru yang dilakukan disana, tentunya banyak hal berbeda dari tempat perusahaan sebelumnya, hal tersebut tentu saja membuat pekerjaan ini menjadi tantangan baru yang dijalani, dimulai dari rekan kerja baru, tempat baru, suasana baru, lingkup yang baru bahkan cara kerja yang baru. Sesuatu yang kelihatan mudah tapi sebenarnya tidak, pekerjaan yang selalu berhubungan dengan orang banyak dimana sebenarnya pekerjaan ini adalah kebalikan dari gaya saya sendiri yang lebih banyak acuh dalam kegiatan sosial dan berhubungan dengan orang banyak.

Waktu berjalan selama hampir kurang lebih 2 (dua) bulan, saya mendapat panggilan untuk mengikuti sebuah tes untuk masuk di sebuah Perbankan Daerah. Tes yang dijalani hampir 2 (dua) bulan lamanya, selama itu pula saya kerja sambil diiringi tes.

Waktu ke waktu berjalan sampai dimana tes tersebut masuk ke tahap terakhir, tidak terasa akhirnya saya pun lulus menjadi Pegawai Bank tersebut tepatnya tanggal 5 Mei 2018 saya sudah tanda tangan kontrak, dan pekerjaan saya di Instansi Pemerintah pun berakhir kurang lebih hanya 4 (empat) bulan lamanya, tapi walaupun sebentar hal tersebut sangat berkesan dan menambah wawasan serta pengalaman baru dari diri saya sendiri. Dikarenakan saya lulusan Akuntansi dan bekerja dengan hal yang berkebalikan dengan kuliah dan style saya sendiri, malah membuat saya sangat bersemangat dan tentunya bermanfaat.

Setelah menandatangani sebuah kontrak kerja di Perbankan Daerah, mulailah acara Rindam di Rindam VI Mulawarman Banjarbaru. Selama kurang lebih 1 (minggu) disini banyak merasakan hal baru lagi, dari digenjot secara fisik dan mental, tentu membuat orang seperti saya yang punya fisik seadanya sangat merasa berat apalagi di hari pertama sampai ketiga.

Setelah menjalani Rindam selama 1 (satu) minggu, banyak manfaat yang bisa diambil seperti menambah kedisiplinan dan tegar dalam menghadapi tekanan. Tanpa berlama-lama, sehari setelah selesai Rindam dimulailah pelatihan selama kurang lebih 3 (tiga) minggu selama bulan Ramadhan. Menunggu hasil penempatan kerja membuat saya bingung dan berfikir, bagaimana jika saya bekerja jauh dari orang tua dan tempat tinggal, sedangkan selama saya sekolah, kuliah dan kerja saya tidak pernah jauh dari tempat tinggal apalagi sampai keluar kota.

Setelah tiba saat yang menentukan dimana saya ditempatkan disebuah daerah yang berjarak kurang lebih 200 Km dari tempat tinggal. Disitu saya berpikir, mungkin inilah momen yang tepat untuk hidup mandiri di kota yang bahkan saya cuma 2-3 kali pergi kesana.

Oiya satu lagi, hal yang mungkin berbeda adalah blog saya sekarang sudah menjadi TLD (Top Level Domain) tidak ada lagi embel-embel blogspot.com, walaupun hal kecil tapi sangat bermakna bagi saya sendiri.

Sekian dan intinya ditahun 2019 ini saya ingin hidup yang lebih baik dan teratur tidak ngalir-ngalir saja seperti sekarang. Di Tahun 2019 usia saya sudah mencapai 24 tahun, usia yang seharusnya  sudah digunakan untuk hal yang bermanfaat dan berguna untuk kedepannya.

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Kilas Balik 2018 Yang Penuh Dengan Tantangan"